Minggu, 30 Agustus 2026

langkah duapuluh lima menuju duapuluh enam

Diposting oleh fuyuhanacherry di 13.56
hai, kita bertemu lagi di laporan tahunanku hihi xD adakah yang nungguin dan penasaran? :3 harusnya ada sih

seperti biasa, aku akan kasih link menuju artikel langkah-langkah episode sebelumnya duls!
perasaanku campur aduk banget pas nulis ini, sama seperti biasanya. deg-degan karna... usia otw nambah, dan aku belum diangkat PNS, belum punya pasangan, belum S2, belum punya pegangan yang kokoh dalam segi apapun wkwkw

baru awal aja udah spoiler isinya duh. maaf menebar negativity terlalu dini. 

setahun belakangan ini rasanya hidupku flat-flat aja. aku cuma pindah tempat kerja dan pindah tempat merantau. yap, aku masih aja merantau guys. tahun ini genap 8 tahun aku merantau terhitung dari pertama kali berkuliah haha. kok ga bosen merantau? bosen sih, paling enak ya tinggal serumah sama orang tua, irit biaya hidup, irit tenaga, makan ga perlu nyari atau bikin. tapi entah kenapa aku kok ngerasa udah tiwas terbiasa merantau dengan segala personal space nya itu, ya. lebih bebas, lebih mandiri, lebih bisa mengatur aku ingin berkembang dan memperbaiki diri dengan cara seperti apa. walau efek sampingnya aku merasa kesepian sih

jujur, tahun ini adalah tahun paling kesepian yang pernah aku rasain. tinggal di tempat baru, beradaptasi lagi, meraba-raba cara hidup yang nyaman, gak ada keluarga maupun teman yang ada di dekatku, rasanya sepi sekali, dan bingung kalau lagi butuh pertolongan. kadang aku menangis tanpa sebab di kamar kos, kadang juga mendistraksi rasa kesepian itu dengan melalangbuana; motoran agak jauh dari sekitar tempatku tinggal sekarang, seorang diri (yaa paling 1-2 jam gitu lah dari tempatku)

tidak ada yang tahu kabarku, tidak ada yang mendengar keluh kesahku, tidak ada yang bisa disebut someone to talk, bahkan aku bisa saja seharian tidak mengeluarkan suara dan tidak bicara dengan siapapun--malah tergolong lumayan sering begitu sampai aku terbiasa sendiri dan nggak nyadar

oleh karena itu, akhirnya aku memutuskan membeli boneka kucing! aku beli di mr diy dekat kos. bentuknya kucing, karena sebenernya aku pengen banget pelihara kucing, tapi situasi kondisi nggak memungkinkan banget. aku gatau gimana cara ngurusnya kalo aku lagi pergi kerja, dan kosku kebetulan gak memperbolehkan pelihara binatang. tapi aku kesepian sekali ... akhirnya aku cari solusi yang lebih ramah tenaga dan kantong; boneka




aku namai boneka itu xifuy :3 tapi aku nyebutnya cipuy, lebih imut aja. aku tiap pulang kerja selalu ngajak ngobrol xifuy. walaupun dia gabisa menjawabnya tapi aku ngerasa dia bisa ngedengerin aku. trus tiap tidur aku selalu peluk dia jadi aku ngerasa less-lonely. sebenernya aku kepikiran buat beli bantal raksasa yang bisa meluk dan ngepukpuk badan kita itu... videonya sering melintas di timeline x ku. tapi aku gatau belinya di mana dan harganya berapa? kayanya lucu aja gitu dan seneng kalo tidur ada yang ngepuk-puk

oiya, selama di tempat kerja baru ini sebenernya ada sih beberapa teman baru, cuma karena prinsipku gamau begitu dekat dan attached sama rekan kerja, jadi aku ngerasa ga sedekat itu juga sama mereka. lebih ke aku yang membatasi diri sih soalnya gamau kalo mereka terlalu tau urusanku di luar pekerjaan wkwk tapi beberapa di antaranya pernah mampir ke kosku dan numpang tidur. mungkin aku kurang bisa membuka diri juga karena ngerasa gaada hal di luar pekerjaan yang bisa aku obrolin sama mereka. hobi dan interestnya beda banget. dan beberapa juga udah menikah dan punya anak, jadi udah gabisa bonding ala ala anak muda lagi haha

oiya ngomong-ngomong tentang rekan kerja, aku sempat kesal karena ada yang nyuruh aku segera menikah, trus aku dibilang terlalu pilih-pilih dan kebanyakan mikir gara-gara belum mau nikah. yang bilang itu senior yang udah sepuh, jadi aku gak bisa membalas omongannya walau sebenarnya sebal. emang kenapa sih, kalau aku belum mau menikah? emang kenapa kalau aku pilih-pilih? bahkan belanja sayur dan buah di pasar aja milih-milih, masa' untuk urusan jodoh yang akan jadi pasangan seumur hidup aku gak boleh pilih-pilih? aneh banget. dipikir aku sehopelees romantic itu apa, mentang-mentang aku seorang perantau dan masih jomlo, dikiranya ngebet banget punya pasangan biar ada yang nemenin -_-

aku emang kesepian tapi aku nggak seimpulsif itu sampai asal cari pasangan biar bisa mengisi celah kesepianku. aku gak sejahat itu asal manfaatin orang lain hehe ya alasan belum punya pasangan karena emang belum ketemu aja. akunya juga belum mulai nyari. tapi ngomong-ngomong masalah menikah, aku sebenernya udah kepikiran kok. aku ngerasa akan ideal kalau aku menikah sekitar 2-3 tahun lagi. pas itu seharusnya aku sudah jadi PNS (atau cpns) dan sedang menjalani atau selesai S2. aamiinn!! pokoknya, aku baru akan memutuskan menikah kalau aku merasa sudah 'cukup' dari segi pendidikan dan karir. walau suatu saat akan menjadi ibu, aku gak mau kalau anakku punya ibu yang menyepelekan pendidikan dan karirnya. dia harus bangga karena punya ibu yang keren dari segi apapun :D intinya, aku merasa aku akan siap menikah kalau aku sudah merasa puas dari kedua aspek tersebut

oh tentu, aku juga nantinya akan mencari pasangan yang tidak masalah dengan karir dan pendidikanku. aku akan tetap bekerja dan mengembangkan diri setelah menikah. jadi aku juga mau jodohku kelak tipe yang sama seperti aku; pantang menyerah dan punya semangat untuk terus mengembangkan diri, entah dari segi apapun asalkan positif. akhir-akhir ini aku juga berpikir kalau aku gak akan cocok sama orang yang mudah menyerah dengan keadaan, apalagi gamau belajar. i know in this economy & this rezim sulit rasanya untuk optimis dan berpikir positif. justru karena itu, aku butuh orang yang bisa menjadi partner menghidupkan harapan-harapan dalam hidup yang nyaris redup, sekecil apapun harapan tersebut

gak harus sama yang kaya raya dengan pekerjaan mentereng, PNS (justru kalau aku beneran jadi pns, akan sangat menghindari punya pasangan yang sesama pns juga. soalnya akan pengaruh ke ukt anak yang muahalnya ga ngotak itu coy) atau anak pewaris, yang penting dia tahu bagaimana cara berkembang dan bertahan, gak banyak gengsi (akhir-akhir ini aku baru tahu kalau gak sedikit orang yang suka pilih-pilih kerjaan (padahal dia butuh duit banget) atau maksa ikut tren & lifestyle ini itu (padahal penghasilan ga seberapa) cuma karna gengsi dilihat orang, aku gak suka yang kayak gitu), sayang keluarga, dan pekerja keras. dan tentunya sayang sama aku, menjadikan aku satu-satunya, dan bisa jadi teman hidup setia di kala suka maupun duka :3 aamiinn

kalau tahun-tahun sebelumnya aku belum bisa membayangkan kehidupan berumah tangga, tahun ini aku sudah bisa membayangkan walau belum ada hilal jodohnya hahaha mungkin karena udah sering dibicarakan oleh orang-orang di sekitar, jadi mau tidak mau aku ikut berdiskusi dan memikirkannya juga. tapi aku gamau juga terlalu terburu-buru, yang penting aku udah merasa cukup dengan diriku sendiri dulu. ngomong-ngomong, kadang aku tergoda juga sih buat pacaran, soalnya kesepian itu tadi. tapi alhamdulillah gaada orang yang menarik hatiku akhir-akhir ini jadi aku ga minat juga buat pacaran lol selain karena emang dilarang ayahku juga sih! oiya, beliau masih ngelarang aku pacaran sampai sekarang. konsisten sekali ya. tapi beliau sudah mulai membicarakan tentang pernikahan sih. intinya maunya anaknya ini langsung nikah tanpa pacaran T____T gimana caranya yak. aku juga ga cocok sama cara taaruf soalnya. liat nanti aja deh, kalau ada yang berani datang ke ayahku ya why not juga sih memulai perkenalan. kalau beraninya cuma deketin aku doang tanpa ngasih kepastian atau ketemu bapakku yha kuanggap angin lalu aja

oiya, tahun ini aku beberapa kali mengunjungi beberapa kota! dari jogja (dia lagi dia lagi), semarang, solo, jakarta, dan lainnya. yang cukup berkesan tuh pas ke solo sama jakarta sih. baru pertama kali aku ke jakarta sendirian, biasanya sama keluarga, so baru kali ini bebas keluyuran buat main wkwkwwk canggih banget cuy jakarta terutama transumnya! kagum banget tapi juga miris, karna yang kaya gitu di indonesia cuma ada di jakarta :") when yh ada pemerataan fasilitas publik di indonesia. di jakarta aku ketemu beberapa teman yang kerja merantau di sana juga untuk catch up. mereka keren sih bisa tahan hidup di lingkungan kota yang ramai begitu, salut banget. gajinya lebih gede di banding kota lainnya (karna umr nya juga paling gede) tapi dibayar pakai mental juga gak seh karna seramai dan sesesak itu wkwk walau agak ngiler sama gajinya aku kayanya tetap prefer kerja dengan gaji cukup di salatiga atau purwokerto, trus hidup slowliving di sana, aamiinn (2) tapi aku sebenarnya penasaran juga sih gimana rasanya merantau di ibu kota! mungkin kalau untuk beberapa bulan aja oke kali ya, buat portofolio pengalaman hidup wkwk




trus pas ke solo juga seru! aku motoran dua setengah jam dari kos ke sana. pas berangkat sih aman aja yah karna pagi jam 6 an udah terang dan banyak kendaraan lain yang berlalu lalang. tapi pas pulang, mencekam banget!!! jam-jam isya aku sendirian melewati jalanan sepi tanpa ada penerangan sedikitpun, kanan kiri hutan jati dan jurang, gak ada barengan sama sekali dari depan maupun belakang. bener-bener kayak lagi di game horror rasanya T______T sepanjang jalan aku mau nangis sambil baca ayat kursi, dan perjalanan menyeramkan itu berlangsung sejauh 7-8km jauhnya. setelah itu baru mulai ada barengan dikit-dikit dari lawan arah maupun searah... mulai lega deh. alhamdulillah aku selamat sampai kos. tapi real sih, aku gamau mengalami hal itu lagi :") mending nunggu pulang besoknya lagi aja pas terang atau muter lewat jalur lain yang lebih jauh tapi ramai dan terang. trus di solo aku ketemu teman-teman dari jogja deh! kami main ke tembok ratapan solo (WISHLIST KAMI DARI TAUN LALU COY) sayangnya (atau syukurnya ya) si mulyono lagi gak ada di rumahnya pas itu. tapi ramai banget gila, orang-orang ini ngapain sih maulid nabi bukannya ngerayain di masjid malah ke rumah mantan presiden raja bohong itu. tapi aku juga ke sana sih, tapi kan niatku buat jokes dan penasaran doang bukan beneran memuja beliau loh yaa





trus kami ke mangkunegaran, pasar triwindu, pasar gede, dan nongki nongki deh. di sana kami juga ketemu member server discord yeslife yang jadi akamsi solo! namanya rei! seru banget akhirnya bisa ketemu member secara live setelah selama ini cuma berkomunikasi lewat discord aja. pokoknya hari itu menyenangkan banget, cuma sayangnya kurang waktu aja karna jadinya kami gak sempet ke laweyan dan kauman

oiya hampir lupa! tahun ini akhirnya aku ngebooth di comipara juga!! seneng banget, walau di pengalaman pertama ini masih banyak banget PR nya sih. aku jual postcard, bookmark, dan stiker dari ilustrasi bikinanku. kemarin tim kami sempat salah pilih model booth, trus akunya sendiri salah pilih material dan ukuran cetak. banyak deh pokoknya kesalahannya, keliatan banget noob wkwkwkw tapi aku seneng bisa ikut memeriahkan event komik di jogja ini. salah satu wishlistku akhirnya tercapai! semoga lain kali aku bisa punya waktu luang untuk menekuni bidang ini dan makin impruv gambarnya biar gak minder kalau dijejerin sama karya dari booth booth lain hehe x3





terus apalagi ya... mungkin musik! setiap tahun aku selalu menemukan musisi/band baru yang aku suka musiknya kan. kalau tahun lalu aku seneng banget sama eleventwelfth, tahun ini aku baru nemu crayon case. mereka genrenya suges suges dreampop galau gitu. aku suka karna easylistening dan somehow njepang banget. eh ternyata setelah kuselidiki mereka tuh band yang dibentuk dari server discord, dan vokalisnya tuh vtuber!!!! keren banget!!! >< when yh bisa punya band dari discord hahaha aku sampe sekarang masih pengen punya band tbh. dulu pernah bikin tapi gagal debut karna keburu berantem duluan antar member huft. kayaknya seru gitu punya band, bisa bikin lagu bareng, perform bareng, seru-seruan bareng, kayak di film-film gitu macam linda linda linda atau anime k-on LOL tapi mereka imut imut ya. aku pengen juga sih bandku tuh cewek semua gituuu membernyaa






terus aku lagi suka sama kartun chiikawa and friends akhir-akhir ini >< lucu! konyol dan menghibur. untuk anime tahun ini aku suka banget sama tenmaku no jaadugar! ceritanya tentang sejarah kekaisaran mongol yang menjajah berbagai bangsa gitu. dan di sini disorot banget gimana posisi 'islam' pada zaman tersebut. baru episode 1 dan menit pertama aja kalian udah bakal denger suara adzan di anime itu. animasinya juga keren, khas dan manjain mata banget. aku suka sama style coloringnya :3 terus intinya di sini menggambarkan gimana ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan itu berpengaruh besar terhadap perkembangan islam pada zaman itu. aku seneng soalnya sedikit mengingatkanku pada orb yang kutonton tahun lalu~

eum terus apalagi ya. masalah kerjaan yaaa seperti biasa aja lah. ada aja konflik-konfliknya. tapi bisa kutangani dengan baik sih. dan konon awal tahun 2027 aku akan diangkat jadi ASN fulltime. padahal selama ini udah fulltime bjir gajinya aja yang kagak full wkwkwkw tapi ya lumayan lah ada secercah harapan, gajinya akan menjadi layak dengan tunjangan yang layak juga. tapi aku masih ngejar PNS sih sebenarnya. jadi semoga setelah diangkat full ak bisa segera diangkat PNS juga. hihi maaf ya Allah kalau aku banyak mau, tapi aku berterima kasih kok akhirnya yang kuharapkan beneran terjadi walau tertunda dulu selama satu setengah tahun sejak aku memintanya dulu. semoga aku bisa amanah dan hidup dengan penuh syukur, dan berguna bagi orang-orang di sekitar dengan pekerjaan ini. aamiinnn

trus sejauh ini presiden gendut itu masih hidup. pusing banget rasanya, tiap hari omongan dia gapernah becus. aku sampai menghindari pemberitaan tentang dia di sosial media karna saking muaknya. aku stres dan burn out tiap kali kepikiran kok bisa aku punya presiden sebodoh ini. rasanya mau jedokin kepala ke tembok terus. makanya untuk meminimalisir pemikiran impulsif itu aku udah makin jarang ngeshare atau ritwit twit berkaitan dengan dia dan segala berita buruk yang mengikutinya. tapi aku sedih banget sama musibah dan bencana alam kemarin yang melanda aceh, ntt, kalimantan, dan sudut sudut lainnya di negri ini ... rasanya negara ini jahat banget, tapi aku juga gak bisa berbuat apa-apa selain berdoa dan berdonasi. cuma pengen punya negara yang normal, mengusahakan kesejahteraan rakyatnya, dan tidak dzolim. semoga Allah mendengar dan mengabulkan doa rakyat indonesia sebagai pihak yang didzolimi negaranya sendiri ini, aamiiinn

aku bingung deh mau cerita apa lagi! yang jelas tahun ini aku masih berkutat dengan pekerjaanku sebagai pengajar itu. oiya aku lumayan dekat sama murid-muridku di sini, entah kenapa mereka suka mengajakku ke kegiatan-kegiatan di luar sekolah, kayak nonton bareng di bioskop, pergi ke bazzar buku, dan lain-lain. aku senang mereka bisa merasa nyaman denganku, tapi agak kesal juga kalau mereka sudah mulai nggak tau diri dan lupa kalau aku adalah guru mereka. huft. trus kemarin aku sempat membimbing beberapa lomba terkait kepenulisan. ada yang juara 3 tingkat kabupaten, lumayan banget untuk first time menjadi pembimbing. tapi agak kecewa juga lomba resensi yang aku bimbing dengan penuh effort dll itu gak dapat juara apapun, sistem penilaian jurinya juga agak dipertanyakan (soalnya aku ngerasa anakku ada yang cukup capable jadi juara at least juara 3 deh, dilihat dari hasil karyanya dibanding yang lain) tapi ya sudahlah. aku ikhlaskan saja~

oiya, selain itu aku juga diamanahi sebagai wali kelas untuk pertama kalinya! jujur ini juga cukup stressfull sih karna bikin hari-hari rasanya gaada liburnya :") even di hari minggu ada aja wali kelas yang chat/telfon. capek sih. tapi setelah tau latar belakang keluarga murid-muridku yang bermacam-macam itu, aku iba juga. mereka keren banget bisa bertahan di tengah kondisi yang tidak ideal buat mereka sebagai anak-anak :( rasa sayang pun mulai tumbuh seiring empatiku berkembang ke anak-anakku ini. semoga mereka happy punya wali kelas kayak aku :)

seperti biasa untuk langkah-langkahku berikutnya, aku punya beberapa harapan yang ingin aku wujudkan. mungkin kali ini lebih banyak dari biasanya ahahaha
  • semoga aku bisa hidup dengan tenang dan lebih bahagia
  • semoga aku bisa sepenuhnya sembuh dari luka-luka yang tertinggal di hatiku
  • semoga aku bisa mengikhlaskan hal-hal yang memang bukan untukku
  • semoga aku bisa mengembangkan potensi diri dengan lebih baik
  • semoga aku bisa segera bertemu dengan jodohku, dan diberikan jalan untuk mewujudkan cinta yang halal dan diridhoi oleh-Nya
  • semoga aku, keluargaku, dan teman-temanku masih bisa dipertemukan dalam keadaan senang, aman, dan sehat
  • semoga pemerintah yang dzolim mendapatkan azabnya di dunia dan akhirat
  • semoga segala permasalahan di indonesia mendapat jalan keluarnya
  • semoga rasa kesepian dan rasa rindu yang tersisa di hatiku untuk seseorang segera menghilang sepenuhnya
  • semoga kebahagiaan yang akan aku dapatkan tidak melukai oranglain, begitu pun sebaliknya
  • semoga aku bisa bikin project hobi yang seru dan asik!!
  • semoga aku bisa menyelesaikan buku buatanku
  • semoga aku bisa S2 di tempat dan jurusan yang aku inginkan
  • semoga aku diangkat menjadi PNS
  • semoga rezekiku mengalir dengan lancar
  • semoga aku bisa tinggal dan menetap di salatiga atau purwokerto
  • semoga aku bisa selalu membagikan hal-hal baik untuk orang-orang di sekitarku

0 komentar:

Posting Komentar

 

home sweet dream Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review